BEOL: 5 Pemain NBA Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Hallo semuanya! selamat datang di BEOL aka Berita Olahraga. Kali ini aku mau ngebahas 5 Pemain NBA terbaik di dunia sepanjang masa.

Basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim basket, masing-masing terdiri dari lima orang. Nantinya, kedua tim harus memasukkan bola ke dalam ring lawan. Selain itu, basket juga telah menjadi olahraga favorit kebanyakan orang. Olahraga ini tidak lepas dari kompetisi yang cukup menarik perhatian publik dan sangat diminati oleh pecinta basket. Salah satu kompetisi tersebut adalah National Basketball Association atau yang lebih dikenal dengan sebutan NBA. NBA sendiri merupakan liga bola basket profesional di Amerika Utara.


1. Michael Jordan

Pinterest/MakaveliThaGreat


Pemain basket terbaik di dunia yang pertama adalah Michael Jordan. Siapa pun pasti mengenalnya, baik pecinta basket maupun bukan. Namanya kerap kali disebut lantaran kemampuan bermain basketnya yang luar biasa. Pemilik nama lengkap Michael Jeffrey Jordan ini lahir di Amerika pada 17 Februari 1963.

Dalam karirnya, Michael Jordan sudah enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls sekitar tahun 1991-1993 dan tahun1996-1998). Kemudian, Jordan bergabung di NBA pada tahun 1984 dan di klub Chicago Bulls hingga 1998.

Tidak hanya itu, Jordan juga meraih 5 penghargaan Most Valuable Player (MVP) dan meraih 10 kali pencetak skor terbanyak dalam satu musim. Sayangnya, pada tahun 2003, Jordan memutuskan pensiun dari dunia basket setelah bergabung dengan Washington Wizards selama dua tahun. Setelah itu, Jordan menjadi pengusaha sebagai pemilik Bobcats dan bisnis properti.


2. Kobe Bryant

Pinterest/tvespanol

Pemain basket terbaik di dunia selanjutnya adalah Kobe Bryant. Dalam karir basketnya, Kobe berhasil mempersembahkan gelar juara untuk L.A Lakers sebanyak lima kali dan meraih peringkat keempat pemain NBA yang paling banyak mencetak skor dengan total 31.617 poin.

Pemilik nama Kobe Bean Bryant ini lahir pada 23 Agustus 1978 di Philadelphia, Amerika Serikat. Pada liga Most Valuable Player (MVP) tahun 2007-2008, Kobe berhasil mendapat gelar Most Valuable Player (MVP) selama dua kali pada ajang Final NBA.

Kobe menghabiskan 20 tahun selama hidupannya dengan bermain basket di National Basketball Association (NBA) dan Los Angeles Lakers. Hingga kemudian, Kobe memutuskan hengkang dari dunia basket pada tahun sekitar 2015-2016 karena kondisi fisiknya yang mulai menurun.

Di pertandingan terakhirnya, yakni pada tahun 2016, Kobe mencetak 60 poin melawan Utah Jazz. Kobe Bryant meninggal pada 26 Januari 2020 akibat kecelakaan helikopter di California menuju Mamba Academy bersama putrinya, Gianna Bryant.


3. Magic Johnson

Pinterest/sstarr386


Earvin Johnson Jr atau yang dikenal dengan nama Magic Johnson merupakan salah satu pemain basket yang berperan sebagai point guard terbaik sepanjang masa. Dalam sejarah di NBA, belum ada yang bisa menyeimbangi kekuatan Johnson.

Selain mendapatkan gelar point guard terbaik, Johnson juga meraih penghargaan sebagai Most Valuable Player (MVP) terbaik. Tidak hanya itu, Johnson juga berhasil tampil dalam final NBA sebanyak 9 kali, yang disusul dengan 12 All-Star Games, serta masuk nominasi All-NBA First dan Second Team sebanyak 10 kali.

Dengan kemampuannya yang luar biasa itu, Magic Johson mampu mencetak skor sebanyak 17.707 points, 6.559 rebounds, dan 10.141 assist, serta 1.724 steal selama hidupnya saat masih aktif bermain di NBA.

Sebelumnya di tahun 1991, Johnson memutuskan untuk pensiun setelah dinyatakan positif HIV. Namun, Johnson kembali pada tahun 1996 untuk memperkuat Lakers selama satu tahun. Sejak saat itu, Johnson pensiun sepenuhnya dan memilih untuk membuka beberapa bisnis.


4. Tim Duncan

Pinterest/nba


Pemain basket yang selalu dikenang hingga sekarang oleh pecinta basket adalah Tim Duncan. Duncan bermain basket sejak tahun 1997 dengan prestasi yang sangat mengesankan. Pemilik nama Timothy Theodore Duncan yang lahir di Amerika pada 25 April 1976 ini bergabung bersama tim San Antonio Spurs.

Penghargaan tertinggi yang pernah diraih Duncan di dunia basket adalah Most Valuable Player (MPV) pada musim 2002 dan 2003. Selain itu, Duncan juga sempat dipercaya menjadi kapten di San Antonio Spurs sepanjang tahun 2003-2007.

Sepanjang karirnya dalam dunia basket, Duncan telah mengoleksi tiga trofi MVP dan dua penghargaan MVP di final. Tidak hanya itu, Tim Duncan juga menjadi salah satu pemain tim All-NBA sebanyak 15 kali, terpilih menjadi All-Defensive sebanyak 15 kali, mencetak kurang lebih 15.000 rebound, mampu melesatkan poin sebanyak 26.000, dan telah melakukan block shot 3000 kali.


5. Bill Russell

Pinterest/sportsaday


William Felton Russell atau yang lebih dikenal Bill Russell merupakan seorang pemain basket yang berhasil membawa Boston Celtics menjadi juara NBA 11 kali dalam 13 tahun karirnya. Dengan rekor tersebut, Russell menjadi pemain yang meraup cincin juara terbanyak di NBA dan hingga saat ini belum ada pemain NBA yang bisa menyamainya.

Dalam karir profesionalnya di NBA bersama Boston Celtics, Bill Russell telah berpartisipasi dalam 963 permainan, mencetak poin sebanyak 14.522, 21.620 rebound, dan 4.100 assists.

Selain piawai dalam mencetak skor, pemain basket kelahiran 12 Februari 1934, di Monroe, Louisiana, ini juga menjadi inspirasi utama rekan-rekannya di lapangan. Tidak heran, saat Russell pensiun pada tahun 1969, timnya sempat mengalami keterpurukan.


(Penulis: Yehezkiel Arensa Pahlevi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Cara Simple Untuk Merayakan Hari Perempuan Internasional

BIAS: Your Name Engraved Herein (2020)

Mengapa Beberapa Mall di Jakarta Sudah Mulai Sepi?