4 Cara Simple Untuk Merayakan Hari Perempuan Internasional



International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional, diperingati pada Jumat, 8 Maret 2024. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. IWD sendiri diperingati oleh banyak lembaga pro emansipasi perempuan di seluruh dunia dan juga masyarakat internasional.

Di tahun ini, UN Women mengusung tema peringatan "Invest in women: Accelerate progress" atau "Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat kemajuan". Sementara itu, Dikutip dari laman International Women's Day, tahun ini bertema "Inspire Inclusion". Tema tersebut bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi orang lain dalam memahami dan menghargai inklusi perempuan. 


Sejarah Singkat Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) pertama kali diresmikan pada 8 maret 1911. Hari tersebut didedikasikan untuk memperingati perjuangan perempuan diseluruh dunia dalam meraih hak-hak yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan lai-lain.
Hari Perempuan Internasional juga tidak hanya dapat dirayakan oleh perempuan saja, namun juga oleh laki-laki yang mendukung perjuangan kesetaraan gender. Hari Perempuan Internasional menjadi momen penting bagi masyarakat internasional untuk bersatu dalam memperjuangkan kesetaraan gender.


4 Cara Simple untuk Merayakan Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional 2024 merupakan kesempatan untuk mengakui prestasi, kontribusi, dan peran penting perempuan di dalam masyarakat. Untuk Merayakan Hari Perempuan Internasional 2024 dapat dilakukan dengan berbagai cara yakni sebagai berikut;

  • Memposting ucapan selamat Hari Perempuan Internasional di sosial media. 

https://pin.it/3fANBvzdv

Memposting ucapan selamat Hari Perempuan Internasional di sosial media seperti, Instagram, TikTok, dll. merupakan cara termudah bagi kita dalam mendukung kesetaraan gender dan hak-hak asasi perempuan.

  • Mendukung kesetaraan gender di lingkungan pekerjaan.

https://pin.it/uBe2hsRBW

Untuk memastikan perempuan dapat terus maju menuju kesetaraan gender di tempat kerja, penting bagi suatu perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif. Pada Hari Perempuan Internasional ini, periksalah bagaimana kebijakan perusahaan dalam memastikan bahwa perempuan menerima dukungan yang adil dan setara di perusahaan tersebut. 

  • Mendukung bisnis-bisnis yang dikelola oleh perempuan.

https://pin.it/4yQ4QvTlk

Mendukung bisnis yang dimiliki, dioperasikan dan dikelola oleh perempuan dapat memberikan kontribusi pada kesetaraan pemberdayaan ekonomi, produk dan layanan yang mewakili serta ekonomi yang lebih sejahtera. Hal tersebut tentu dapat memberikan dorongan atau dukungan untuk mengembangkan bisnis mereka. 

  • Membuat penggalangan dana, bagi badan amal yang bergerak dalam urusan perempuan.

https://pin.it/1ensAm3WJ

Dengan mengadakan penggalangan dana, kita dapat membantu suatu badan amal yang bergerak dalam urusan perempuan untuk mewujudkan hak-hak asasi perempuan serta kesetaraan gender. 

(Penulis: Emillyo Novriansyah Pramana, Editor: Rafy Syahputra Soeleiman.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIAS: Your Name Engraved Herein (2020)

Mengapa Beberapa Mall di Jakarta Sudah Mulai Sepi?